Cara Membuat Pakan Ayam Petelur Sederhana Dan Murah

cara membuat pakan ayam petelur sederhanaKali ini akan membahas Cara Membuat Pakan Ayam Petelur Sederhana Dan Murah, cara menghemat pemberian pakan dengan menggunakan pakan alternatif untuk ayam petelur yang akan membuat produksi dan produktivitas telur akan tetap tinggi. Mari simak penjelasannya di bawah ini.
A. Jagung
Jagung merupakan sumber energi dan pakan yang baik untuk ayam karena jagung kaya akan sumber energi, tidak terdapat zat amilopektin. serta mengandung banyak pati dalam bentuk amilopektin. Namun jagung memiliki kandungan protein yang rendah serta kandungan lisin rendah dan kandungan metionin yang cukup tinggi. Untuk mengatasi kekurangan kandungan jagung maka dalam pemberian pakan, jagung harus dicampur dengan bungkil kedelai untuk mengatasi kekurangan amino dari jagung.
Dalam memilih jagung, gunakanlah jagung kuning karena memiliki pigmen kuning atau xantifil rata-rata 5 ppm dan karotin 0.05 ppm. Namun dalam memilih jagung, pilihlah jagung tua yang berdasarkan umur panennya karena kandungan energinya lebih banyak daripada jagung yang memiliki umur panen muda. Selain itu cermatilah dalam memilih pakan jagung, jangan pilih jagung yang terdapat tanda-tanda adanya jamur karena dapat mengakibatkan terganggunya metabolisme ayak karena adanya kandungan mitotoksin yang diakibatkan oleh jamur. Penggunaan jagung dalam ransum maksimal sebanyak 70%.
B. Dedak Padi
Dedak adalah bahan pakan ternak yang diperoleh dari proses penggilingan padi menjadi beras. Dedak sangat sering digunakan oleh peternak karena di dalam dedak terkandung sumber energi dan asam amino yang sangat baik bagi unggas, namun keseimbangan aminonya kurang baik. Selain itu dedak juga mengandung serat kasar yang baik untuk pakan ayam muda. Namun kandungan kadar lemak yang tinggi akan membuat dedak berbau tengik apabila disimpan terlalu lama. Penggunaan dedak padi dalam ransum antara 10-25% tergantung dari umur ayam.
Kualitas pada dedak padi harus diperiksa apa lagi jika untuk pakan ayam petelur karena jika kualitasnya buruk akan mengakibatkan ayam terganggu metabolismenya. Dedak yang berkualitas adalah dedak yang tak terdapat campuran kapur dan sekam. Hal ini dapat dibuktikan dengan cara mengukur kepadatan dedak. Kepadatan dedak yang berkualitas memiliki kepadatan 417 kg/m3.
C. Singkong
Singkong merupakan bahan pakan yang baik untuk ayam karena kaya sumber energi yang hampir sama dengan jagung. Namun kandungan protein dalam singkong sangat rendah hanya sekitar 1-2% saja. Untuk menjadikan singkong sebagai pakan alternatif untuk ayam petelur anda maka singkong sebaiknya diolah terlebih dahulu menjadi gaplek untuk mengurangi zat antinutriennya. Gaplek sangat baik untuk dijadikan sumber energi bagi ayam petelur pada pemakaian ransum sebaiknnya kurang dari 20%.
D. Tepung Bekicot
Bekicot dapat digunakan menjadi bahan pakan yang kaya sumber protein untuk ayam. Penggunaan tepung bekicot dalam keadaan mentah hanya sebanyak 10%. Tetapi, apabila diolah dengan terlebih dahulu dengan merebusnya selama 15 menit dan ditambahkan larutan garam maka penggunaan tepung bekicot dapat ditambah hingga 20% pemakaian. Cara mengolah tepung bekicot sangat mudah, simak cara-caranya berikut.

 

  1. Tepung bekicot mentah: Bekicot dibersihkan dan lalu dikeringkan.
  2. Tepung bekicot rebus: Bekicot dibersihkan dan dilepas dari cangkang serta isi perut dibersihkan lalu direbus selama 15 menit, setelah itu bekicot digiling.
  3. Tepung bekicot rebus dengan larutan garam: Pertama-tama rebus bekicot dengan garam selama 15 menit. Pembuatan larutan garam dibuat dengan cara melarutkan 1 kg garam pada 20 liter air untuk 59 kg bekicot.

 

E. Ampas Kecap
Ampas kecap adalah sisa dari proses pembuatan kecap yang berbahan baku dari kedelai. Pemakaian ampas kecap pada ransum bisa mencapai 5%.
F. Kulit Buah Kopi
Kulit buah kopi adalah hasil sisa dari pengolahan kopi yang dapat dijadikan sebagai bahan baku pakan ayam petelur.
Itulah tadi artikel yang telah kita bahas tentang Cara Membuat Pakan Ayam Petelur Sederhana Dan Murah, Tentunya mudah dan hemat bukan? apalagi bahan-bahan tersebut sangat mudah didapat. Semoga artikel ini bermanfaat, namun pilihlah pakan yang paling tepat dan informasi ini tak bermaksud untuk menggantikan informasi yang ada untuk pakan ayam anda. Semoga sukses beternak!