Teknik Ternak Lobster Air Tawar Di Rumah Untuk Pemula

ternak lobster air tawar di rumahBerikut ini Teknik Ternak Lobster Air Tawar Di Rumah Untuk Pemula, Lobster air tawar saat ini memang sedang menjadi primadona. Permintaan pasar akan komoditi ini cukup tinggi. Permintaan terbesar datang dari rumah makan dan restoran. Penyebab dari tinginya permintaan lobster air tawar adalah minat masyarakat yang tinggi terhadap konsumsi lobster. Selain nikmat lobster air tawar juga mengandung banyak nutrisi yang dapat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Pemilihan Indukan

Pilihlah indukan yang memang telah siap untuk berkembang biak. Karakteristik indukan yang baik antara lain lincah, memiliki kaki yang lengkap, respon terhadap makanan. Cara membedakan indukan jantan dan betina cukup mudah, kita hanya harus melihat capitnya. Apabila capitnya berwarna merah cerah itu adalah indukan jantan dan pada betina capitnya lebih dominan warna hitam.

Selanjutnya masukkan indukan jantan dan betina pada akuarium yang telah disiapkan. Akuarium harus dilengkapi dengan filter dan aerator. Pada akuarium harus diberikan potongan paralon 2 inci untuk tempat persembunyian lobster. Perhatikan terus indukan betina, apabila indukan betina memiliki ekor yang terus menekuk berarti indukan betina telah bertelur.

Penetasan Telur

Telur lobster akan menetas pada umur 4-5 minggu. Ketika lobster sedang mengerami telurnya biasanya lobster jantan dan betina akan selalu berdampingan. Telur lobster dapat mengalami perubahan warna setiap minggunya dan itu dapat menjadi pertanda bahwa telur lobster akan menetas. Pada minggu pertamanya telur lobster berwarna merah dan berubah menjadi lebih tua pada minggu berikutnya.

Ketika telur telah berumur 4 minggu, segera pindahkan indukan jantan dari akuarium. Selalu amati indukan betina setiap harinya dan pastikan telur menetas semuanya baru indukan betina dipindahkan kembali bersama indukan jantan.

Pembesaran Lobster Air Tawar

Bibit lobster yang dikehendaki adalah bibit berukuran 5-7 cm. Pembesaran Lobster harus dilakukan dengan sangat baik. lobster air tawar dapat dipelihara di kolam maupun di akuarium. Luas akuarium menyesuaikan lokasi tempat budidaya. Sediakan aerator apabila lobster dibudidaya pada akuarium.

Pemberian Pakan

Pemberian pakan lobster harus dilakukan tepat waktu dengan frekuensi 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Lobster air tawar termasuk hewan yang memiliki sifat kanibal apabila lapar maka ia tidak segan memakan temannya sendiri. Pakan utama lobster air tawar adalah pelet dengan kadar protein 30 %.

Pemeliharaan Budidaya

Dalam pemeliharaan budidaya lobster air tawar tidak sulit bahkan mudah apabila kita telaten. Kualitas air pada kolam budidaya harus selalu di cek agar kadar oksigen dan kejernihan air dapat selalu terjaga. Cara penggantian air kolam ataupun akuarium dengan mengganti ¼ air kolam dan isi kembali dengan debit air yang sama.

    promonavi-agency.co.id
    Canceling your Google Ads account is different from deleting your Google
    www.uptopromo.co.id
    Datangkan Lebih Banyak Pengunjung di Website Anda, dengan Berada di Halaman 1.
    pesan
    Jasa SEO Murah, Terbaik dan Terpercaya akan membawa sebuah web ke halaman teratas